6 Penyebab Rambut Tipis Yang Sering Dialami Wanita

Penyebab Rambut Tipis - Mempunyai rambut yang tebal dan terawat menjadi dambaan bagi setiap wanita yang ada di dunia ini. Rambut indah dan bersinar menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin tampil cantik dan menawan.

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Masalah yang datang pada rambut menjadi sebuah malapetaka baginya. Biasanya masalah yang sering datang adalah seperti rambut rontok, ketombe, rambut kering dan lain sebagainya.

Kali ini, Sitkal.com akan membahas mengenai mengapa rambut bisa menjadi tipis dan apa saja yang menjadi penyebabnya. Bukan hanya karena faktor genetik saja yang menjadi penyebab dari rambut menjadi tipis.

Penyebab rambut Anda menjadi Tipis

Jika Anda memiliki rambut yang tebal saat ini, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun lagi rambut Anda bisa berubah menjadi tipis dan tidak menarik lagi. Nah, lalu bagaimana sih cara agar kita bisa merawat keindahan rambut ini agar tidak menjadi tipis.

Ada kebiasaan yang bisa menjadi penyebab dari rambut menjadi tipis. Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Rambut yang diikat

Mengikat rambut dengan terlalu kencang bisa membuat rambut menjadi rapuh karena akar dari rambut yang tertarik. Dengan begitu rambut akan menjadi sangat rapuh dan mudah sekali untuk rontok. Dengan rambut yang rontok, otomatis akan menyebabkan tipisnya rambut karena banyak yang terbuang.

Tentu Anda tidak ingin mengalami masalah seperti itu bukan. Maka dari itu sebaiknya Anda jangan terlalu kencang saat mengikat rambut Anda. Pengunciran rambut harus sesuai dan sewajarnya saja. Tidak usah takut nanti kunciran atau ikatannya terlepas. Anda hanya perlu untuk lebih sering membenarkannya saja. Daripada terlalu kencang yang akan berdampak pada kesehatan rambut Anda. Berikanlah kelonggaran pada rambut Anda agar bisa bernafas dengan lega.

Baca juga : Hal Sepele Penyebab Ketombe

2. Keramas dengan Air Hangat

Pada saat cuaca yang dingin, apakah saat sedang hujan atau mendung, biasanya Anda akan menggunakan air hangat untuk mandi. Begitu juga dengan saat keramas atau shampoan. Sebenarnya hal ini bisa membuat rambut Anda menjadi tidak sehat. Air yang hangat bisa membuat rambut Anda menjadi rusak.

Minyak alami yang diproduksi oleh rambut bisa memudar bahkan menghilang apabila Anda menggunakan air hangat saat keramas. Mungkin untuk mengatasinya Anda boleh mandi dengan air hangat, tetapi saat keramas, gunakanlah air bersih yang dinginnya normal. Dengan begitu, kadar minyak pada rambut bisa tetap terjaga dengan baik. Rambut pun bisa menjadi lebih sehat dan tidak terusak karena air hangat tersebut.

Baca Juga : Makanan untuk Kesehatan Rambut

3. Rambut yang digulung

Saat mengikat rambut biasanya Anda juga sering menggulung-gulung rambut Anda. Jangan pernah lagi melakukan kebiasaan seperti ini. Rambut bisa menjadi rusak dan sangat mudah untuk menjadi tipis apabila Anda tetap mempertahankan kebiasaan seperti ini. Rambut yang digerai merupakan rambut yang paling sehat karena sangat bebas bernafas tanpa ada hambatan apapun. Anda bisa mencoba untuk mulai membiasakan diri dengan rambut yang tergerai dengan leluasa.

Baca Juga : Penyebab dan Cara mengatasi Rambut Rontok

4. Sinar Matahari

Sudah bukan rahasia lagi apabila matahari menjadi musuh utama bagi kulit. Begitupun juga dengan rambut, untuk rambut yang sering terkena sinar matahari akan sangat mudah kering. Hal ini karena produksi minyak alami pada rambut yang menghilang karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat menghapuskan minyak alami pada rambut.

Cara paling mudah mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan payung, topi atau penutup lain agar bisa terhindar dari cahaya matahari secara langsung. Hal ini sangat manjur guna menghindari rambut yang menjadi tipis dan rusak.

Baca Juga : Cara Mencegah dan Mengobai Uban

5. Jarang Keramas

Rambut membutuhkan vitamin yang berasal dari shampo. Bagi orang yang jarang sekali keramas akan membuat rambut menjadi kekurangan vitamin yang seharusnya diberikan setiap hari oleh pemiliknya. Sel kulit pada kepala Anda juga bisa mati karena tidak keramas dalam waktu atau tempo yang lama. Wah sepertinya mulai sekarang, bagi Anda yang jarang keramas, sebaiknya jangan lagi mengabaikan shampo.

Baca Juga : Cara Membuat Shampo Tradisional

6. Garuk Kulit Kepala

Melakukan garukan di kulit kepala secara terus menerus bisa merusak yang namanya folikel rambut sehingga bisa membuat mahkota kepala kita menjadi sangat mudah rontok. Saat Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah gunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu di kepala Anda. Cari tahu terlebih dahulu penyebab dari gatalnya kepala Anda. Apakah dikarenakan kutu, kulit kepala mati, ketombe ataupun uban.
Terkait dengan 6 Penyebab Rambut Tipis Yang Sering Dialami Wanita

Belum Dikomentari,Silahkan Komentari "6 Penyebab Rambut Tipis Yang Sering Dialami Wanita"

Post a Comment